Tingkatkan Minat Baca Kelurahan Kebun Handil Berdayakan Taman Bacaan  

Kamis, 07 September 2017 - 10:25:24 | dibaca: 261 kali


PMEBRDAYAAN : Salah satu taman bacaan di Kelurahan Kebun Handil sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin membaca.
PMEBRDAYAAN : Salah satu taman bacaan di Kelurahan Kebun Handil sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin membaca. / IST FOR JAMBI EKSPRES

 

JELUTUNG - Taman bacaan menjadi salah satu indikator yang mencakup kategori pintar dalam penilaian Kampung Bantar. Melalui pembentukkan Kampung Bantar, tidak hanya didata masyarakat atau warga yang putus sekolah, tetapi juga diberdayakan melalui taman bacaan tersebut.

Lurah Kebun Handil, Alamsyah Powa menuturkan bahwa taman bacaan ini bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin membaca. Disana terdiri berbagai buku bacaan yang menarik dan inovatif.

Tidak hanya buku bacaan umum, tetapi juga tersedia bacaan bagi anak-anak. Sehingga diharapkan sejak dini bisa meningkatkan minat baca masyarakat melalui taman bacaan.

“Taman bacaan ini tersedia di beberapa RT yang sudah jadi Kampung Bantar. Ini sangat bermanfaat, maka kita harapkan dapat dibuat juga secara menyeluruh di setiap RT,” ungkapnya.

Dikatakannya, taman bacaan yang ada di Kelurahan Kebun Handil bisa dimanfaatkan warga kapan pun. Ada petugas yang berjaga dan mengkoordinir warga yang ingin membaca.

“Ini juga menjadi suatu kegiatan positif bagi anak-anak. Daripada hanya bermain, lebih baik sambil membaca dan belajar,” lanjutnya.

Selain sebagai wadah untuk menambah ilmu pengetahuan, taman bacaan juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk berdiskusi maupun berkomunikasi terkait hal-hal yang perlu dimusyawarahkan oleh warga.

Tapi yang paling penting adalah bagaimana menumbuhkan kembali minat baca masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa.

(azz)