Fakultas Syari’ah UIN STS Gelar Pemantapan RPS

Kamis, 07 September 2017 - 10:16:28 | dibaca: 281 kali


Peserta pemantapan Rencana Perkuliahan Semester mengikuti acara pembukaan.
Peserta pemantapan Rencana Perkuliahan Semester mengikuti acara pembukaan. / IST FOR JAMBI EKSPRES

JAMBI - Fakuktas Syari’ah UIN STS Jambi menggelar pemantapan Satuan Ajar Perkuliahan (SAP) program studi yang saat ini sudah berganti menjadi Rencana Perkuliahan Semester (RPS). Kegiatan yang digelar di aula gedung MUI Jambi ini akan berlangsung 6 hingga 7 September 2017.

Dekan Fakultas Syariah UIN STS Jambi, Prof. Dr. Ahmad Husein Ritonga, MA menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan penyegaran. Bagaimana meningkatkan proses belajar mengajar yang memperhatikan beban yang baik pada mahasiswa.

Dikatakannya, RPS merupakan pergantian dari SAP yang mana perubahannya jika dulu berdasarkan judul bahasa, maka saat ini lebih mendasar pada kompetensi atau kemampuan apa yang diperoleh mahasiswa pada saat mengikuti perkuliahan.

Selain itu juga dilakukan penyesuaian dengan kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Dimana kegiatan ini diikuti seluruh dosen dilingkungan Fakultas Syari’ah UIN STS Jambi.

“Kita harapkan KKNI dapat dilaksanakan murni mulai semester ini,” harapnya.

Ketua Panitia pelaksana, Drs. Bakhtiar H menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan pemantapan rencana perkuliahan semester untuk menghadapi semester ganjir 2017/2018. Terlebih lagi saat ini UIN STS Jambi sudah memakai kurikulum kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI).

Dengan digantinya satuan ajar perkuliahan (SAP) menjadi KKNI, maka perlu disesuaikan dengan pedoman dan acuan mengajar.

“Dulu kita masih gunakan SAP, kini sudah menjadi KKNI. Kita harapkan dosen di Fakuktas Syari’ah bisa menyelesaikan RPS untuk menghadapi semester ganjil ini,” tandasnya.

(azz/adv)